Minggu, 02 April 2017

MENGAPA PANCASILA BISA MENJADI IDEOLOGI BANGSA DAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA?

NAMA : ASRI NURMEILINA R
KELAS ; 2TB03
NPM : 21315095

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI BANGSA DAN NEGARA KITA
Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat indonesia, menjadi patokan atau acuan dasar hukum maupun norma bagi seluruh masyarakat indonesia. Pancasila terbagi menjadi 5 sila yaitu :
1. Ketuhanan yang berarti Setiap masyarakat wajib mempercayai adanya tuhan yang maha esa, kita semua sebagai manusia yang hidup di muka bumi ini memiliki kepercayaan keyakinan kepada tuhanNya sebagai pencipta alam semesta
2. Kemanusiaan yang berarti kesadaran sikap dan prilaku sesuai dengan nilai-nilai moral dalam hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya.
3. Persatuan yang berarti meskipun indonesia memiliki keanekaragaman budaya bahasa dll kita tetap harus bersama harus memiliki rasa persatuan yang kuat dalam keanekaragaman tersebut.
4. Kerakyatan yang berarti dalam pemerintahan di negara republik indonesia ini adalah berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Untuk bermusyawarah demi keadilan di dalam negara indonesia.
5. Keadilan yang bererti merupakan tujuan dasar agar masyarakat indonesia mampu bersikap adil dan makmur

Ideologi merupakan kumpulan ide ataupun suatu gagasan untuk mengatur jalannya pemerintahan, yang mencangkup nilai masyarakat di suatu negara.

Jadi, penjelasan tentang Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa dan Negara bagi indonesia karena sila sila dalam pancasila telah mencangkup keseluruhan nilai” yang terdapat pada masyarakat di indonesia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar